MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PERAN KEPALA SEKOLAH (STUDI SURVEY PADA SMPN I PEGADEN SUBANG)

Mulyani, Sri Rochani and Paramarta, Vip and Sumartini, Narwati (2021) MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PERAN KEPALA SEKOLAH (STUDI SURVEY PADA SMPN I PEGADEN SUBANG). In: Seminar Sosial Politik, Bisnis, Akuntansi dan Teknik (SoBAT) ke-3, 16 Oktober 2021, Bandung, Indonesia.

[img] Text
20_Narwati.pdf

Download (857kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui profesionalisme guru dan kontribusi peranan Kepala Sekolah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan obyek penelitian di SMPN I Pegaden Kabupaten Subang dan sumber wawancara diperoleh dari beberapa informan diantara nya kepala sekolah, guru, pegawai tata usaha, siswa, orang tua siswa, didukung expert judgement dari Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan Kabupaten Subang, Sekretaris Dinas Pendidikan & Kebudayaan Kabupaten Subang, Korwas dan Pembina SMP Dinas Pendidikan & Kebudayaan Kabupaten Subang, jugaTokoh Masyarakat pengamat pendidikan. Analisis data hasil wawancara menggunakan software NVIVO pro12. Adapun hasil wawancara, dapat disimpulkan bahwa Kepala Sekolah telah melaksanakan kewajibannya, baik dari pendekatan POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling), maupum melalui pendekatan peran Emaslim” (Edukator, Manajer, Administrator, Supervisor, Leader, Inovator, dan Motivator). Sedangkan Profesionalis Guru, menunjukkan kompetensi pedogogik Guru lebih dominan, dibanding kompetensi kepribadian, professional dan sosial. Hasil analisis dari NVivo pro12 For windows dengan metode clustered by Coding Similarity. Keseluruhan hasil informan menyebar pada berbagai titik, posisi titik tentunya akan memberikan informasi bahwa peran Kepala Sekolah sebagai Educator, motivator, Inovator, lebih menonjol, dibandingkan dengan peran sebagai Leader, Supervisor, Entrepreneur dan Manajer. Sedangkan hasil grafik dari informan, menunjukkan Profesionalisme Guru, lebih kuat pada kompetensi pedagogik. Dengan demikian kompetensi kepribadian, profesional dan sosial, harus lebih ditingkatkan melalui kegiatan ilmiah dan kegiatan lainnya yang terstruktur dan terukur.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Sekolah dan Profesionalisme Guru
Subjects: Prosiding USBYPKP > Prosiding Sobat (sosial politik, bisnis, akuntansi dan teknik) > Prosiding SoBAT ke-3
Divisions: Fakultas Ekonomi > Magister Manajemen (S2)
Depositing User: LPPM USB YPKP
Date Deposited: 30 Nov 2021 03:10
Last Modified: 30 Nov 2021 03:10
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/1559

Actions (login required)

View Item View Item