ANALISIS PENGARUH SISTEM PENGAPIAN I-DSI (INTELLEGENT DUAL & SEQUENTIAL IGNITION) TERHADAP EFISIENSI BAHAN BAKAR PADA MESIN TYPE GD3

NUGRAHA, DWI CAHYO GILANG (2019) ANALISIS PENGARUH SISTEM PENGAPIAN I-DSI (INTELLEGENT DUAL & SEQUENTIAL IGNITION) TERHADAP EFISIENSI BAHAN BAKAR PADA MESIN TYPE GD3. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP BANDUNG.

[img] Text
1. ANALISIS PENGARUH SISTEM PENGAPIAN I.pdf

Download (38kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (284kB)
[img] Text
12. LEMBAR PENGESAHAN DAN PERNYATAAN.pdf

Download (859kB)
[img] Text
3. KATA PENGANTAR.pdf

Download (90kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (399kB)
[img] Text
11. Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin modern mendorong para pelaku industri di bidang otomotif khususnya mobil untuk mengembangkan suatu produknya agar kendaraan bermotor menjadi lebih hemat bahan bakar serta ramah bertenaga. Tingkat permintaan para penggunaan kendaraan agar memiliki mobil dengan mesin yang bertenaga namun irit bahan bakar telah menjadi pemicu timbulnya teknologi baru yang dikenal dengan nama I-DSI (Intelligent Dual & Sequential Ignition) itu berada di mesin type GD3. Dimana system teknologi ini dilengkapi dengan sepasang busi pada setiap silindernya. Dari permasalahan di atas, penyusun tertarik untuk melaksanakan “ANALISIS PENGARUH SISTEM PENGAPIAN I-DSI (INTELLEGENT DUAL & SEQUENTIAL IGNITION) TERHADAP EFISIENSI BAHAN BAKAR PADA MESIN TYPE GD3”. Guna mendapatkan hasil yang akurat dalam penelitan ini peneliti melakukan perhitungan berdasarkan data spesifikasi serta data teoritis yang telah didapatkan. Adapun tahapan perhitungan yang akan dilaksanakan anatara lain; menentukan Tekanan Efektif Rata – Rata (Mep), Daya Indikator ( ), Daya Poros ( ) serta Konsumsi Bahan Bakar ( ). Sehingga didapatkan kesimpulan bahwa mesin GD3 dengan teknologi sistem pengapian i-DSI mampu meningkatkan daya mesin dan menurunkan konsumsi bahan bakar spesifik bila dibandingkan dengan mesin berteknologi non i-DSI untuk spesifikasi mesin yang sama, berikut hasil analisa parameter performansi mesin sehingga dapat disimpulkan; torsi mesin mengalami kenaikan rata-rata 1,82 Nm bila menggunakan sistem pengapian i-DSI untuk mesin berteknologi i-DSI di putaran mesin 2700 RPM torsi mencapai 128 Nm sedangkan untuk mesin berteknologi non i-DSI 126.18 . Daya mesin pada mesin berteknologi i-DSI pun mengalami kenaikan rata-rata 7,867 kW untuk mesin berteknologi i-DSI di putaran mesin 2700 RPM daya mencapai 361.728 kW sedangkan untuk mesin berteknologi non i-DSI 356.584 kW. Pada Konsumsi bahan spesifik untuk mesin berteknologi i-DSI di putaran mesin 2700 RPM konsumsi bahan bakar mengalami penurunan rata-rata 7,722 ⁄ untuk mesin berteknologi i-DSI di putaran mesin 2700 RPM konsumsi bahan bakar mencapai 286.884 ⁄ sedangkan untuk mesin berteknologi non i-DSI 291.940 ⁄ .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Otomotif, Intellegent Dual & Sequential Ignition, Mesin Bensin
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2021 03:42
Last Modified: 12 Jul 2021 03:42
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/1278

Actions (login required)

View Item View Item