Analisis Kinerja Keuangan dan Non Keuangan Dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk

Wahyudin, Fahmy Fauzi (2020) Analisis Kinerja Keuangan dan Non Keuangan Dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP BANDUNG.

[img] Text
cover fAHMY.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (27kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (260kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA fix.pdf

Download (142kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (91kB)
[img] Text
PENGESAHAN & PERNYATAAN.pdf

Download (703kB)

Abstract

Perbankan di Indonesia memiliki potensi untuk terus tumbuh dan berkembang serta memiliki manfaat yang besar bagi pembangunan ekonomi nasional. Bank BTN sebagai perusahaan yang bergerak melayani dan mendukung dalam sektor properti dan penyaluran kredit untuk pembiayaan perumahan merupakan bank yang cukup berkembang sehingga banyak masyarakat yang percaya untuk menjadi nasabahnya. Pada periode tahun 2014-2018 Bank BTN memiliki kinerja keuangan yang cukup baik, namun hal tersebut perlu didukung oleh berbagai aspek, termasuk kinerja karyawan dan juga tingkat kepuasan nasabah kepada bank sehingga diperlukan penilaian dan strategi yang tepat untuk meningkatkan kinerja Bank BTN. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan dan non keuangan pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. tahun 2014-2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan pengukuran kinerja dilakukan dengan konsep balanced scorecard dengan empat perspektif, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Pengukuran kinerja pada perspektif keuangan dilakukan dengan menggunakan empat indikator, yaitu ROA, BOPO, CAR, dan LDR. Pada perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dilakukan dengan cara survey melalui pengumpulan data kuesioner. Hasil analisis pada penelitian ini, bahwa kinerja Bank BTN tahun 2014-2018 dinilai dari perspektif keuangan dengan empat indikator, yaitu ROA termasuk dalam kriteria sehat, BOPO termasuk dalam kriteria sangat sehat, CAR termasuk dalam kriteria sangat sehat, sementara LDR termasuk dalam kriteria kurang sehat, dinilai dari perspektif proses bisnis internal berada dalam kondisi baik, dinilai dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan berada dalam kondisi baik, dan dinilai dari perspektif pelanggan dalam kondisi kurang baik. Hasil ini menunjukan bahwa Bank BTN tahun 2014-2018 dengan menggunakan konsep balanced scorecard memperoleh kinerja dengan nilai skor akhir sebesar 74,20 sehingga termasuk dalam kriteria A dengan kondisi sangat sehat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Balanced Scorecard, Bank BTN
Subjects: Skripsi S1 > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2021 03:06
Last Modified: 12 Jul 2021 03:06
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/1265

Actions (login required)

View Item View Item