Fitria, Sinta (2020) POLA KOMUNIKASI ORGANISASI INTERNAL PADA BANK DKI SYARIAH CABANG BANDUNG (Studi Deskriptif Kualitatif mengenai Pola Komunikasi Organisasi Internal pada Bank DKI Syariah Cabang Bandung). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP BANDUNG.
Text
Cover.pdf Download (14kB) |
|
Text
Halaman Awal Lembar Pengesahan dan pernyataan.pdf Download (1MB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (183kB) |
|
Text
Abstract.pdf Download (184kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (160kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (199kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Proses komunikasi dalam perusahaan dilakukan secara intensif oleh unsur-unsur perusahaan yang ada terutama pimpinan dan staf. Kegiatan-kegiatan komunikasi antara pimpinan dengan staf tersebut dilakukan secara berulang-ulang setiap hari. Komunikasi yang dilakukan secara berulang-ulang dalam sebuah organisasi termasuk perusahaan akan membentuk pola komunikasi. Dalam hal ini, pola komunikasi bisa dikatakan suatu sistem pengiriman pesan dari komunikator kepada komunikan dengan maksud untuk mengubah perilaku, sikap maupun pendapat. Komunikasi organisasi internal yang terjadi dalam perusahaan antara pimpinan dan stafnya menghasilkan komunikasi vertikal baik vertikal ke bawah dan vertikal ke atas, komunikasi secara horizontal dan komunikasi diagonal baik diagonal ke bawah dan diagonal ke atas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pola komunikasi dari komunikasi organisasi secara internal yang dilakukan pimpinan dan para stafnya di Bank DKI Syariah Cabang Bandung. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui apa saja hasil yang diperoleh dari adanya komunikasi vertikal, komunikasi horizontal dan komunikasi diagonal yang dilakukan di Bank DKI Syariah Cabang Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, diskusi, wawancara dan studi pustaka. Teknik analisis data penelitian ini menggambarkan secara sistematis dari data hasil wawancara. Hasil penelitian ini yaitu kegiatan dari komunikasi vertikal ke bawah berbentuk: perintah, instruksi kerja, teguran, pemberian informasi kerja perusahaan, pemberian penilaian, pemberian arahan, dan pengontrolan. Komunikasi vertikal ke atas berupa permintaan informasi, penyampaian pertanggungjawaban, penyampaian keluhan, penyampaian pendapat, dan penyampaian usulan. Hasil dari komunikasi horizontal adanya rapat terpadu, melakukan pemastian data, proses pengkoordinasian, penyampaian dan penerimaan pertimbangan, pertukaran informasi, melakukan penghindaran tumpang tindih pekerjaan. Komunikasi diagonal ke bawah berbentuk adanya permintaan pendapat, permintaan dokumen, cek silang kebenaran informasi dan adanya pemberian klarifikasi. Sedangkan komunikasi diagonal ke atas dihasilkan dari adanya penyampaian pendapat, memastikan kepastian pertemuan, konsultasi gagasan dan konfirmasi jadwal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Komunikasi, Komunikasi Organisasi Internal. |
Subjects: | Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 07 Jul 2021 03:05 |
Last Modified: | 07 Jul 2021 03:05 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/1148 |
Actions (login required)
View Item |