Mulyani, Dian (2020) STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM KEGIATAN KAMPANYE CALON KEPALA DESA LANGENSARI KECAMATAN SOLOKANJERUK (Studi Deskriptif Terhadap Kandidat No Urut 3 Dalam Kegiatan Kampanye Calon Kepala Desa Langensari Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP BANDUNG.
Text
cover.pdf Download (63kB) |
|
Text
20201001001425.pdf Download (832kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (58kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (382kB) |
|
Text
kata pengantar.pdf Download (117kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (54kB) |
|
Text
lampiran.pdf Download (405kB) |
Abstract
Pelaksaan pemilihan Kepala Desa Langensari Kecamatan Solokanjeruk menarik perhatian penulis terutama pada kandidat No Urut 3 karna dalam kampanyenya menerapan strategi komunikasi persuasif agar dapat diterima oleh masyarakat. Karna tindakan dalam kampanye pada prinsipnya adalah tindakan persuasi, namun dalam praktiknya komunikasi persuasif selalu memiliki hambatan dalam pelaksanaanya tetapi selalu ada upaya untuk mengatasi hambatan tersebut. Dilakukanya penelitian ini adalah untuk mengetahui cara pengimplementasian komunikasi persuasif agar mudah diterima oleh masyarakat, dan untuk mengetahui apa saja yang menjadi hambatan komunikasi persuasif dalam kegiatan kampanye agar upaya untuk mengatasi hambatan tersebut dapat dilakukan dengan tepat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. informan dalam penelitian ini terdiri dari dua orang yaitu Kepala Desa Langensari dan Timsukses Kandidat No Urut 3 saat pencalonan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahapan teknik analisis data yaitu dengan: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan bahan referensi. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa 1). Mengacu pada teori Harold D. Laswell strategi komunikasi persuasif agar diterima oleh masyarakat harus memperhatikan beberapa unsur-unsur komunikasi diantaranya, komunikator, pesan, media, komunikan, efek dari komunikasi tersebut. 2). Setiap kegiatan komunikasi persuasif dalam kampanye pasti memiliki hambatan diantaranya faktor mekanistis dan psikologis serta faktor lain. 3).adapun upaya untuk mengatasi hambatan tersebut adalah dengan identifikasi dan menentukan sasaran, perumusan strategi dan pemilihan metode persuasi yang harus ditanggung oleh persuade mengenai cara penyampaian pesan persuasi agar sesuai tujuan. Kemudian penulis memberikan rekomendasi kepada 1). kandidat no urut 3 dan timsuksenya mengenai komunikasi persuasif memiliki berbagai cara dalam penyampaianya dan media yang bisa digunakan sangat beragam. 2). Saran bagi calon Kepala Desa selanjutnya menggunakan strategi komunikasi dalam kegiatan kampanye merupakan hal yang positif dan diharapkan tidak menggunakan money politik. 3). Saran bagi peneliti selanjutnya dalam melakukan penelitian diharapkan lebih cermat, mencari sumber yang sesuai dengan penelitian dan penelitian diharapkan berdampak baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepala Desa, Strategi, Komunikasi Persuasif |
Subjects: | Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 07 Jul 2021 02:53 |
Last Modified: | 07 Jul 2021 02:53 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/1143 |
Actions (login required)
View Item |