ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA JASA ANGKUTAN BUS SEKOLAH GRATIS DI KOTA BANDUNG DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)

Firdaus, Fachri (2018) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA JASA ANGKUTAN BUS SEKOLAH GRATIS DI KOTA BANDUNG DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA). Jurnal Techno-Socio Ekonomika Universitas Sangga Buana YPKP, Vol.11 (1). pp. 83-104. ISSN 1979-4835

[img] Text
Jurnal Techno Vol 11 No 1_10.pdf

Download (4MB)

Abstract

Bandung merupakan pusat perekonomian dan pendidikan di Jawa Barat. Berdasarkan data dari Badan statistik Kota Bandung, jumlah penduduk pada Tahun 2015 mencapai 2,5 juta. Data dari Dinas Kota Bandung 2014 - 2015 jumlah kendaraan bermotor mencapai 2 juta unit (roda dua 1.3 juta roda empat 700 ribu), meningkat 1 1% per tahun, sedangkan penambahan ruas jalan hanya 1%. Rasio jumlah kendaraan pribadi dibandingkan kendaraan umurn adalah 98% dibanding 2%. Rasio penggunaan kendaraan pribadi dibandingkan kendaraan umum adalah 44% dibanding 56% dari total 1 1 juta perjalanan.peghambahan roda empat sebesar 269 kendaraarühari, sedangkan roda dua sebesar 1035 kendaraan/hari. KarakteriStik perjalanan masyarakat di Kota Bandung didominasi dengan tujuan perekonomian dan pendidikan. Dengan kondisi seperti ini, jumlah kendaraan yang ada di Kota Bandung harus mampu melayanipermintaan tersebut. Kemacetan terjadi terutama pada saat jam puncak, yang terjadi antara pukul 07.00—09.00 dan 17.00 -- 19.00. Kemacetan pada jam puncak salah satu penyebabnya dikarenakan oleh pergerakandari Sisi pendidikan. Salah satu upaya kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah Kota Bandung untuk mengurai kemacetan dan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi adalah menyediakan angkutan bus sekolah gratis. Dengan melihat permasalahan tersebut, maka penulis tertarik untuk masuk kepada salah satu fungsi dalam manajemen yaitu fungsi evaluasi pada angkutan bus sekolah ini. Sejauh mana kepuasan para penggunajasa terhadap kinerja angkutan bus sekolah gratis. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis. Variabel yang diteliti yaitu tingkat kinerja (X) dan tingkat kepentingan Untuk mengukur kedua variabel tersebut didapatkan 5 indikator, yaitu: 1). Waktu & Pelaksanaan; 2).Keandalan; 3). Keselamatan dan Keamanan; 4). Pelayanan dan 5). Fasilitas Fisik. Dari 5 indikator tersebut didapatkan 21 atribut-atribut yang dapat mengukur tingkat kepentingan dan tingkat kinerja. populasi dalam penelitian ini sebesar I .220, dengan tingkat presisi sebesar didapatkan sampel sebanyak 93 responden untuk mewakili 4 rute bus sekolah. Dari hasil pengolahan data, yang masuk kedalam kuadran A, yaitu atribut-atribut WPI, WP2, WP3 dan WP4. Sehingga keempat atribut tersebut yang harus ditingkatkan pelayanannya. Sementara yang masuk kedalam kuadran B, yaitu atribut-atribut K l, K2, KK3, KK6, SP2, Fl dan F2. Ketujuh atribut tersebut yang masuk pada kuadran B harus dipertahankan pelayananya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kepuasan konsumenjasa, inportance preformance analysis
Subjects: Jurnal USBYPKP > Jurnal TechnoSocio Ekonomika
Depositing User: Rizal Dwi
Date Deposited: 13 Jan 2020 03:43
Last Modified: 13 Jan 2020 03:43
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/393

Actions (login required)

View Item View Item