PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN GURU TERHADAP PRESTASI GURU SMK DI BANDUNG

Panjaitan, Biller (2016) PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN GURU TERHADAP PRESTASI GURU SMK DI BANDUNG. Jurnal Techno-Socio Ekonomika Universitas Sangga Buana YPKP, Vol. 9 (1). pp. 7-20. ISSN 1979-4835

[img] Text
Volume 9 No 1 Mei 2016 2.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh motivasi berprestasi guru terhadap prestasi guru peserta pendidikan dan pelatihan dalam pembelajaran di SMK , pengaruh pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan oleh Pusat Pengembangan dan Penataran Guru Teknologi (PPPG Teknologi)terhadap prestasi guru peserta diklat dalam pembelajaran di SMK, , serta pengaruh motivasi berprestasi guru terhadap prestasi guru dalam pembelajaran di SMK dan pendidikan dan pelatihan guru yang dilaksanakan oleh Pusat Pengembangan dan Penataran Guru Teknologi (PPPG Teknologi). Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional, menggunakan metode analisis statistik deskriptif - inferensial teknik korelasi dan regresi baik tunggal maupun ganda. Populasi penelitian, yakni guru SMK di Kota Bandung yang pernah mengikuti pendidikan dan pelatihan di Pusat Pengembangan dan Penataran Guru Teknologi (PPPG Teknologi)sebanyak 74 orang. Dengan teknik random sampling didapat 42 guru yang dijadikan sampel. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi dan regresi berganda, positif dan signifikan antara motivasi beprestasi dengan prestasi guru terdapat hubungan yang kontribusi motivasi berprestasi terhadap prestasi guru adalah dengan nilai korelasi sebesar 0.71 % , sehingga 50,80 %. Regresi variabel motivasi berprestasi dengan prestasi guru Y 41,378 + 0,399 Xi. Dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pendidikan dan latihan dengan kinerja guru dengan nilai korelasi sebesar 0,76 %, sehingga kontribusi hasil diklat terhadap kinerja guru adalah 40.30 %. Regresi variabel pendidikan dan latihan dengan prestasi guru Y = 45,315 + 0,385X2 hubungan yang positif dan signifikan antara, (3). Terdapat positip dan signifikan antara motivasi berprestasi dan pendidikan dan latihan secara bersama-sama dengan prestasi kinerja guru dengan korelasi ganda sebesar 0,76 %, sehingga kontribusi motivasi berprestasi dan pendidikan dan latihan secara bersama-sama adalah 57.80 0/0. Hubungan antara prestasi guru (Y) dengan motivasi berprestasi (Xl) dan Pendidikan dan latihan (X2) diperlihatkan oleh regresi ganda Y = 35,045 + 0,290X+ O,198X

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Motivasi berprestasi, Pendidikan dan pelatihan, Kinerja guru
Subjects: Jurnal USBYPKP > Jurnal TechnoSocio Ekonomika
Depositing User: Rizal Dwi
Date Deposited: 08 Jan 2020 07:44
Last Modified: 08 Jan 2020 07:44
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/331

Actions (login required)

View Item View Item