MANAJEMEN STRATEJIK RUANG PERSAINGAN BARU

Garnia, Erna (2013) MANAJEMEN STRATEJIK RUANG PERSAINGAN BARU. Jurnal Techno-Socio Ekonomika Universitas Sangga Buana YPKP, Vol. 6 (1). pp. 22-32. ISSN 1979-4835

[img] Text
Jurnal Techno Vol. 6 No. 1_3.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kajian tentang pengaruh teknologi dalam menciptakan ruang pcrsaingan baru di abad dua puluh satu ini. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengulas implikasi teknologi yang betilbah cepat terhadap persaingan dunia usaha dan kehidupan manusia di jaman ini. Pengaruhnya bisa pada cara berbisnis, cara berorganisasi, dan banyak ruang usaha baru yang sebelumnya tidak terpikirkan. Dalam kehidupan yang penuh ketcrgantungan akan teknologi, dunia usaha maupun manusia pada umumya tidak menyadari dampak munculnya teknologi tersebut. Munculnya teknologi bisa dianggap sebagai tantangan sekaligus sebagai peluang. Permasalahan yang diangkat dalam kajian ini adalah melihat secara umum bentuk petubahan tcknologi yang terjadi dan implikasi penting dari perubahan teknologi tersebut dalam manajemen stratejik. Pendekatan yang digunakan dalam penulisan kajian ini adalah studi literatur. Pembahasan terutama ditekankan pada perkembangan teknologi informasi (IT) dan pengaruhnya dalam menciptakan ruang persaingan batu. Implikasi akademik dari kajian ini adalah memberikan stimulan bagi penelitian-penelitian lanjutan di bidang ini. Sedangkan implikasi praktis dari terciptanya ruang persaingan baru adalah semua pihak yang terkait atau semua pemangku kepentingan di bidang ini harus lebih mempersiapkan diri. Para manajer harus merubah cara berpikirnya dan tidak lagi bisa mengandalkan cara berbisnis yang sebelumnya bisa secara efektif digunakan. Apa yang bagus di masa Ialu belum tentu efektifdi masa yang akan datang. Para manajer harus terus mengikuti perkembangan teknologi serta hams lebih berani mengambil peluang dan menghadapi tantangan. Para manajer juga harus siap dengan perubahan perilaku manusia sebagai akibat perubahan tekonologi yang begitu cepat. Pendeknya siklus hidup suatu teknologi juga membuat pola bisnis berubah dengan cepat. Manajer tidak lagi bisa mengandalkan metoda peramalan konvensional berdasarkan data-data masa lalu.Tidak liniemya perkembangan teknologi menyebabkan banyak metoda prediksi yang biasanya berbasis sistem linier tidak lagi bisa diterapkan. Kontribusi dari kajian ini yaitu memberikan gambaran mengenai ruang persaingan baru yang dihadapi pelusahaan saat ini dalam kondisi petubahan teknologi yang begitu cepat. Selain itu kajian ini diharapkan dapatmemberikan ulasan apakah perkembangan teknologi masih relevan sebagai pendorong terciptanya ruang persaingan baru

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: : teknologi informasi, ruang persaingan baru, strategi
Subjects: Jurnal USBYPKP > Jurnal TechnoSocio Ekonomika
Depositing User: Rizal Dwi
Date Deposited: 06 Jan 2020 07:40
Last Modified: 06 Jan 2020 07:40
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/309

Actions (login required)

View Item View Item