PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI GURU SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA GURU (Survey di Gugus 6 Kecamatan Cileunyi Kabupatcn Bandung)

Lenna, Erma (2017) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI GURU SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA GURU (Survey di Gugus 6 Kecamatan Cileunyi Kabupatcn Bandung). Jurnal Manajemen Universitas Sangga Buana YPKP, 1 (1). pp. 12-23. ISSN 2550-0279

[img] Text
JMManajemen Vol 1 No 1 2017 2.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Motivasi Guru serta implikasinya pada Kinerja Guru di SDN Gugus 6 Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung". Penelitian ini bersifat descriptif dan verifikatif. Penelitian deskriptif menggambarkan tentang ciri-ciri variabel yang diteliti, sedangkan penelitian verifikatif menguji kebenaran dari suatu hipotesis.Pada metode deskriptif ini meneliti tentang deskripsi dari kepemimpinan kepala sekolah,budaya sekolah , motivasi kerja guru,dan kinerja guru di SDN Gugus 6 Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sedangkan metode verifikatif dilakukan untuk menguji kebenaran hipotesis yang telah ditentukan melalui pengumpulan data di lapangan yaitu: menguji pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap moti\ asi guru serta implikasinya pada kinerja guru SDN Gugus 6 Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Berdasarkan hasil penelitian deskriptif, variabel Motivasi Kerja Guru (Y) lebih rendah dibandingkan dengan keempat variabel Iainnya. Sedangkan skor rata-rata untuk variabel Kinerja Guru (Y) lebih tinggi dibandingkan variabel lainnya. Tabel di atas juga menginformasikan bahwa variabel Budaya Sekolah (X2) mempunyai variasi lebih rendah dibandingkan variabel bebas Iainnya. Dan berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan progranl SPSS. versi 17. variabel -variabel Kepemimpinan Kepala Sekolah, budaya sekolah, motivasi kerja guru dan kinerja guru secara keseluruhan dinyatakan berada pada kategori baik, kepemimpinan kepala sekolah mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap kinerja guru, hal tersebut berarti bahwa tinggi rendahnya kinerja guru sangat bergantung kepada kepemimpinan kepala sekolah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya sekolah, Motivasi Kerja Guru, Kinerja
Subjects: Jurnal USBYPKP > Jurnal Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Magister Manajemen (S2)
Depositing User: Rizal Dwi
Date Deposited: 02 Jan 2020 08:01
Last Modified: 02 Jan 2020 08:01
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/297

Actions (login required)

View Item View Item