TINJAUAN ERGONOMI PADA DISPLAY RAMBU LALU LINTAS DI JALAN TOL PADALEUNYI (Ruas Jalan Tol Pasteur – Cileunyi) MENGGUNAKAN METODE ERGONOMIC CHECKLIST DAN COOPER HARPER RATING SCALE

Lembayung, Bias Pratista (2022) TINJAUAN ERGONOMI PADA DISPLAY RAMBU LALU LINTAS DI JALAN TOL PADALEUNYI (Ruas Jalan Tol Pasteur – Cileunyi) MENGGUNAKAN METODE ERGONOMIC CHECKLIST DAN COOPER HARPER RATING SCALE. Skripsi thesis, Universitas Sangga Buana YPKP.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN DAN PERNYATAAN.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
TUGAS AKHIR REVISI (Bias Pratista Lembayung 2111181039).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kecelakaan Lalu Lintas masih terjadi pada ruas jalan di Indonesia termasuk Jalan Tol. Berdasarkan data rekomendasi yang dirilis oleh Komite Nasional Kecelakaan dan Transportasi (KNKT) memberikan rekomendasi pada kecelakaan lallu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Sebagai bentuk solusi mitigasi atas kejadian tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui seberapa ergonomis Display yang ada di Jalan Tol Padaleunyi dan memberikan rekomendasi atas tinjauan ergonomi yang dilakukan. Terdapat beberapa metode yang digunakan, yaitu dengan metode statistik uji Anova untuk mengetahui adanya perbedaan keergonomisan antara kondisi siang dan malam. Metode Ergonomic Checklist untuk mengetahui perbandingan kedua kondisi. Kuesioner pemahaman Display untuk mengetahui pemahaman responden dari masing-masing Display. Serta Cooper Harper Rating Scale untuk memberikan Rekomendasi terhadap Display yang sudah ada, dengan total responden sebanyak 32 orang meliputi Sopir kendaraan Pribadi, Sopir Truk, dan Sopir Travel. Hasil penelitian menunjukan, tingkat Ergonomis Display Rambu Lalu Lintas kondisi siang hari dan malam hari memiliki perbedaan yang signifikan. Perbandingan skor kondisi siang sebesar 3,48 sedangkan kondisi malam yaitu sebesar 3,17 artinya Display pada kondisi siang lebih ergonomis dari kondisi malam. Pada pemahaman Display didapatkan 4 hasil Display yang perlu diperbaiki, diantaranya ialah Display larangan berjalan terus sebelum membayar tarif Tol, Display Informasi data kecelakaan lalu lintas di jalan Tol tersebut. Display informasi tarif harga dari masing-masing tujuan, dan Display informasi adanya rest area. Metode Cooper Harper Rating Scale menunjukan masalah yang terjadi saat Interpretasi Display dan analisis Informasi dari setiap kelompok Sopir. Maka diberikan rekomendasi atas tinjauan yang sudah dilakukan adalah memperbaiki Display yang kurang dipahami, kurang terlihat, dan kurang terbaca. Kemudian memberikan Display yang mudah dipahami bagi pengguna baru jalan agar mudah dipahami maksud dari Display.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STI.22.0018
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Display, Rambu lalu lintas, Jalan Tol Padaleunyi, Ergonomic Checklist, Cooper Harper
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Industri
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Users 1041 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2023 04:04
Last Modified: 14 Dec 2023 02:40
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/1771

Actions (login required)

View Item View Item