PENGARUH REFERENCE GROUP DAN PERCEPTION TERHADAP OUTLET SELECTION SERTA DAMPAKNYA PADA PURCHASE DECISION KOPI JANJI JIWA DI KOTA BANDUNG

Yuanita, Imelda Angelina (2020) PENGARUH REFERENCE GROUP DAN PERCEPTION TERHADAP OUTLET SELECTION SERTA DAMPAKNYA PADA PURCHASE DECISION KOPI JANJI JIWA DI KOTA BANDUNG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP BANDUNG.

[img] Text
cover.pdf

Download (105kB)
[img] Text
Halaman Awal.pdf

Download (689kB)
[img] Text
ABSTRAK-dikonversi.pdf

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (266kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (221kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berkembangnya persaingan dalam bisnis kopi, membuat perusahaan harus mengetahui hal-hal yang dipertimbangkan konsumen sebelum melakukan pembelian, sehingga perusahaan dapat memaksimalkan aspek tersebut dan mampu bersaing dengan kompetitor. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana outlet selection yang dilakukan konsumen dengan adanya reference group, perception, dan apakah berpengaruh terhadap purchase decision. Digunakannya SmartPLS dalam penelitian ini, kita dapat mengetahui pengaruh yang dihasilkan. Jenis metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif asosiatif. Pengambilan sampel dengan teknik probability sampling jenis random sampling. Hasil penelitian dengan tingkat signifikansi 0,000<0,005, bahwa reference group terhadap outlet selection secara parsial berpengaruh dengan nilai t-statistik 5,194>1,967. Perception terhadap outlet selection secara parsial berpengaruh, memiliki nilai t-statistik 17,601>1,967. Reference group terhadap purchase decision secara parsial berpengaruh, memiliki nilai t-statistik 8,576>1,967. Perception terhadap purchase decision secara parsial tidak berpengaruh, memiliki nilai t-statistik 1,032<1,967. Outlet selection terhadap purchase decision memiliki nilai t-statistik 2,836>1,967 maka reference group dan perception memiliki efek mediasi antara outlet selection terhadap purchase decision. Secara simultan reference group dan perception berpengaruh terhadap outlet selection, dengan nilai F hitung > F tabel (79,200>3,02). Berdasarkan koefisien determinasi, outlet selection dapat dijelaskan oleh reference group dan perception sebesar 68,1%, sisanya 31,9% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Purchase decision dapat dijelaskan oleh reference group, perception dan outlet selection sebesar 40,5%, sisanya 59.5% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulannya, kopi Janji Jiwa di Kota Bandung masuk dalam kategori baik, namun beberapa item yang harus diperbaiki yaitu reference group dari segi professional, perception dari segi stimulus characteristic, outlet selection dari segi price dan purchase decision dari segi pilihan produk dan metode pembayaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Reference group, perception, outlet selection, dan purchase decision
Subjects: Skripsi S1 > Administrasi Bisnis
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Administrasi Bisnis (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2021 04:05
Last Modified: 06 Jul 2021 04:05
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/1101

Actions (login required)

View Item View Item