ANALISIS KOMPARATIF INOVASI PRODUK USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) WAJIT ( Studi Kasus Wajit Legieta Dan Wajit Asli Cililin Cap Potret Hj. Siti Romlah Di Cililin Kabupaten Bandung Barat)

Salamah, Neneng (2020) ANALISIS KOMPARATIF INOVASI PRODUK USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) WAJIT ( Studi Kasus Wajit Legieta Dan Wajit Asli Cililin Cap Potret Hj. Siti Romlah Di Cililin Kabupaten Bandung Barat). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP BANDUNG.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20201005034622.pdf

Download (872kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran skripsi.pdf

Download (757kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui inovasi produk antara Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) Wajit Legieta dan Wajit Asli Cililin Cap Potret Hj. Siti Romlah. Tujuan penelitian ini diantaranya, untuk mengetahui dan menganalisis profil Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Wajit Legieta dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Wajit Asli Cililin Cap Potret Hj. Siti Romlah, apa saja strategi inovasi produknya, dan analisis komparatif inovasi produknya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengambilan sampel (informan) dilakukan dengan metode snowball sampling, dimana pada awalnya sedikit lama kelamaan menjadi banyak sampai data yang didapat jenuh. Informan dalam penelitian ini berjumlah 4 orang yang terdiri dari 2 orang pemilik dan 2 orang pembeli dari kalangan masyarakat. Teknik analisis yang digunakan adalah model Miles & Huberman Teknik keabsahan data menggunakan 5 teknik yaitu ketekunan pengamat, triangulasi, membercheck, bahan referensi dan uraian rinci. Hasil Penelitian ini menujukkan bahwa ada banyak perbedaan dari kedua UMKM wajit. Wajit Legieta lebih banyak berinovasi dari mulai banyak varian rasa diantaranya original, ketan hitam, strawbery, coklat, durian, moka, vanila, dan pandan selain peminatnya banyak produk lebih unggul dipasaran bahkan ekspansi ke luar kota seperti Yogya dan Bogor dan bahkan proses produksi lebih banyak dan cepat setiap harinya dikarenakan mesin produksi sudah modern. Sedangkan UMKM Wajit Asli Cililin Cap Potret Hj. Siti romlah yang merupakan vioner berdirinya wajit pertama di cililin malah bertolak belakang dan tertinggal sangat jauh mereka takut menggambil resiko apabila produk wajit yang mereka produksi di tambah inovasi baru dikarenakan mereka tidak mau menambah biaya tambahan produksi dan tetap mempertahankan warisan leluhur dan menjaga cita rasa dan keasliannya. Dalam aspek kualitas rasa Wajit Asli Cililin Cap Potret Hj. Siti Romlah memang terkenal kelezatanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Inovasi produk, strategi inovasi dan komparatif inovasi produk.
Subjects: Skripsi S1 > Administrasi Bisnis
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Administrasi Bisnis (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2021 02:42
Last Modified: 06 Jul 2021 02:42
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/1088

Actions (login required)

View Item View Item