ANALISIS FITUR SHOPEE PAYLATER TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus pada Pengguna Shopee Paylater di Kota Bandung)

Fitriawati, Linlin (2020) ANALISIS FITUR SHOPEE PAYLATER TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus pada Pengguna Shopee Paylater di Kota Bandung). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP BANDUNG.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN DAN PERNYATAAN.pdf

Download (684kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (116kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (221kB)
[img] Text
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (175kB)
[img] Text
8. Lampiran.pdf

Download (696kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisisi fitur Shopee Paylater, pencairan limit kredit Shopee Paylater, kelebihan dan kekurangan fitur Shopee Paylater serta untuk mengetahui feedback pengguna terhadap penggunaan fitur Shopee Paylater (Studi Kasus pada Pengguna Shopee Paylater di Kota Bandung). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Adapun teknik keabsahan data yang dilakukan yaitu dengan uji kredibility, uji transferability, uji dependability dan uji konfirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Fitur Shopee Paylater merupakan pinjaman dana berupa limit kredit yang diberikan aplikasi Shopee, memiliki karakter hampir sama seperti kartu kredit namun sifatnya virtual (tidak ada fisiknya). (2) Pencairan limit adalah aktifitas mencairkan jumlah limit yang ada di paylater menjadi uang dan bukan menjadi barang. Cara mencairkan limit Shopee Paylater yaitu hampir sama seperti kita belanja barang dan membayar pakai paylater, hanya saja dari pencairan limit yang kita terima adalah berbentuk uang bukan barang. (3) Kelebihan dan kekurangan fitur Shopee Paylater, kelebihannya antara lain : Mudah dalam pengajuan, bisa belanja sekarang namun bayar nanti, limit bisa terus naik apabila pengguna selalu aktif berbelanja, pengguna Shopee Paylater bisa sering mendapat promo gratis ongkir, juga fitur Shopee Paylater diawasi oleh OJK keamanan nasabah pun menjadi lebih terjamin, sedangkan kekurangan Shopee Paylater antara lain memakai sistem bunga dan biaya penanganan, tidak ada toleransi keterlambatan dan paylater bisa mengakibatkan pengguna menjadi konsumtif. (4) Feedback pengguna terhadap penggunaan fitur Shopee Paylater antara lain pengguna loyal terhadap Shopee Paylater, pengguna memberikan rekomendasi positif terhadap orang sekitarnya dan perusahaan (Shopee) juga menjadi pertimbangan utama pengguna ketika ingin menggunakan paylater. Simpulan penelitian ini adalah bahwa Shopee Paylater sebagai fitur pinjaman dana berupa pemberian limit kredit mampu memberikan manfaat yang banyak bagi penggunanya, sehingga membuat para pengguna merasa puas dalam menggunakan Shopee Paylater. Adapun saran yang diberikan yaitu bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengkaji lebih banyak sumber maupun referensi serta lebih mempersiapkan diri dan lebih matang dalam melakukan penelitian, bagi perusahaan agar mengasuransikan dana yang dipinjamkan pada nasabah, memberikan bunga kompetitif dan membuat menu jangka cicilan dan menu pembayaran tagihan Shopee Paylater agar lebih bervariatif juga. Bagi pengguna Shopee Paylater agar lebih bijak menggunakan Shopee Paylater dan membayar tagihan tepat pada waktunya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Paylater, Fitur Shopee Paylater, Aspek Kepuasan Konsumen
Subjects: Skripsi S1 > Administrasi Bisnis
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Administrasi Bisnis (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2021 01:58
Last Modified: 06 Jul 2021 01:58
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/1082

Actions (login required)

View Item View Item